Panduan Ukuran Geometri untuk Sepeda Gunung

Geometry-Cover

Dari atas panjang tabung dengan tinggi Bottom Bracket, geometri dapat mengungkapkan banyak tentang bagaimana sepeda akan berjalan dan apakah cocok atau tidak untuk anda. Inilah yang perlu anda ketahui

1.Seat Angle

Geometry-Seat-Angle1

Ini adalah sudut tabung kursi relatif terhadap tanah. Sepeda modern mendukung sudut curam yang menempatkan sadel langsung di atas braket bawah, membuat mengayuh lebih mudah dan lebih efisien. Menempatkan pusat gravitasi lebih jauh ke depan juga membantu jalan naik, sehingga sulit untuk sepeda keluar tikungan. Sebuah sudut di 70-an rendah sangat ideal. Pada artikel ini kita mengukur sudut sadel yang sebenarnya.

2.Bottom Bracket Height

Geometry-Bottom-Bracket


Jarak dari pusat bottom braket ke tanah. Sebuah BB rendah membuat sepeda lebih stabil dengan menurunkan pusat gravitasi dan membawa lebih dekat kontak dengan ban. Jarak yang rendah anda mungkin akan mulai mengayuh pedal dengan cepat. Jadi bagaimana dengan rendah? Long Travel Full Suss perlu BBSlebih tinggi untuk mengakomodasi semua potensi gerakan , tapi hardtails lebih rendah 300mm.

3.Chainstay

Geometry-Chainstay

Atau, lebih tepatnya, rear center. Ini adalah pengukuran horisontal antara pusat roda belakang dan tengah BB. Back End yang pendek tidak selalu lebih baik karena mereka membuat Loop Out sepeda lebih mudah pada tanjakan dan bertentangan dengan pendapat pada umumnya, tidak membantu di tikungan.

Ini hal yang rumit, tetapi bersamaan dengan Front Centrechainstay yang panjang menentukan di mana anda berada di sepeda (Central, Further Back, Further Forward). Tidak ada benar atau salah di sini, tapi chain stay yang lebih panjang dapat membantu sepeda lebih stabil saat turunan, dan juga membantu menjaga tetap didepan saat tanjakan. Sebagai hitungan kasar, 450mm adalah ukuran untuk pemakai 29 dan 435mm pada 650b sepeda.

4.Wheelbase

Geometry-Wheelbase1Tambahan pengukuran chainstay dan front centre bersamaan untuk mendapatkan wheelbase. Semua hal lain dianggap sama, sepeda panjang lebih stabil pada kecepatan. Sesuatu yang mendekati 1,200mm pada ukuran besar adalah sepeda panjang.

5.Reach

Geometry-Reach1

Ini adalah salah satu yang sulit dalam mengukur, karena Anda perlu alat pengukur keseimbangan untuk melakukannya dengan baik. Jangkauan jarak horizontal antara bagian atas pusat head tube dan garis vertikal imajiner yang melalui BB centre.

Ini berguna untuk ukuran karena menghilangkan variasi di sudut Seat Tube dan tidak terpengaruh oleh ukuran roda. Ini tidak sempurna meskipun, karena panjang Head Tube dan Head Angle dapat mengakibatkan pengukuran miring. Kebanyakan produsen menyampaikan daftar ukuran , sehingga anda dapat membandingkan sepeda yang satu dengan lainnya. Pada ukuran besar, 435mm ke atas adalah ukuran yang layak.

6.Top Tube

Geometry-Top-Tube1

Mengukur efektif’ top tube, yang dari atas Head Tube Centre ke Seatpost Centre diukur secara horizontal. Ini lebih mudah dipahami daripada jarak sebenarnya sepanjang top tube. Salah satu cara bagaimanapun pengukuran Top Tube cukup bisa diandalkan untuk Fitting sepeda karena Seat Angle bervariasi dari setiap sepeda.

7.Head Angle

Geometry-Head-Angle

Sudut antara tanah dan Head Tube (dan karena itu garpu) ini penting karena sudut melebar, di mana garpu lebih keluar dan lebih dekat untuk menjadi sejajar dengan tanah, memperlambat respon kemudi sepeda tetapi membuat turunan lebih mudah. Sudut curam membuat sepeda lebih baik saat tanjakan dan di medan datar.

Sebagai aturan umum, Anda dapat mengharapkan Trail Bike untuk memiliki 66-68° Head Angle, Sepeda XC juga memiliki sudut yang lebih tinggi, sepeda Enduro sekitar 65 ° dan Downhill lebih rendah 60 °. Ini perlu diketahui bahwa sepeda 29ers cenderung memiliki sudut kepala curam daripada sepeda 650b.

8.Front Centre

Geometry-Front-Centre

Ini adalah jarak dari pusat Front Axle ke tengah BB. . 770mm panjang pada  Size large tetapi itu tergantung pada ukuran travel dan roda .

9.Down Tube

Geometry-Down-Tube

Pengukuran tDown Tube adalah alat yang efektif untuk perhitungan ukuran sepeda sebenarnya dan apakah itu membuat anda cocok. Jika Anda membeli sepeda baru, mengukur lebih dulu dari BB Centre ke bagian bawah Head Tube tepat di tengah. Harus hati-hati jika sepeda baru Anda memiliki ukuran roda yang berbeda untuk anda saat ini.

 

Source : http://www.mbr.co.uk

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s