Mengatur Rebound Shokbreaker Sepeda depan [ Rebound Front Fork ]

imagesxx

Rebound Front Fork, plus or minus, rabbit or turtle

Posisi si kelinci dan kura kura

Mengunakan suspensi shock sepeda gunung akan ditemukan tanda plus – min atau rabbit – turtle. Apa fungsi rebound dengan marking atau tanda plus dan min. Tanda tersebut digunakan untuk pengaturan kecepatan naik turunnya shock sepeda, tepatnya sebagai peredam kecepatan shock ketika mengalami dekompresi. Atau menahan laju shock kembali ke posisi semula ke atas setelah terjadinya tekanan ke bawah. Tanda atau marking tersebut adalah setting kecepatan rebound shock. Lalu apa fungsi tanda rebound yang ada pada shock breaker sepeda gunung tersebut.

Bentuknya seperti ke 3 gambar dibawah ini. Umumnya pabrikan memberikan dengan 2 marking yaitu plus dan minus atau kelinci dan kura kura.

2z86io7

1p9d39

2925so2

Arti kata rebound sendiri pada sistem suspensi fork adalah posisi ketika shock kembali naik keatas setelah terjadinya tekanan pada suspensi

Lalu apa fungsi tanda + dan – pada shock. Tanda plus atau minus digunakan sebagai penentu kecepatan rebound shock.

+ artinya menahan lebih lambat naik kembali, – artinya tidak menahan lagi posisi naik dan langsung dilepas untuk kembali ke posisi semula.

   Bila penguna sepeda gunung menginginkan shock bekerja lebih agresif dan suspensi shock melesat naik setelah dekompresi. Dapat di atur dengan tanda MINUS atau si Kelinci (kelinci diartikan cepat melompat).

   Ketika penguna sepeda gunung ingin shock lebih lambat memantulkan posisi dekompresi, dapat diatur dengan tanda PLUS atau si Kura Kura (yang diartikan lebih lambat).

Bagaimana mengatur si kelinci dan kura kura

Kapan memerlukan setting tersebut :

Setting PLUS atau si Kura kura.

Setting PLUS akan baik digunakan ketika menghadapi jalan lebih mulus dan rata dengan sedikit hambatan. Misalnya jalur singletrack dengan minimnya batuan, jalan relatif stabil dan lebih banyak menemukan kontur jalan rata. Atau digunakan di jalan raya, karena dapat menahan posisi shock depan tidak banyak bergerak. Setting ini akan membuat tangan akan lebih nyaman ketika shock memantul kembali. Karena gerakan shock akan memantul sedikit lebih lambat, dan tertahan oleh sistem rebound dari shock breaker. Gerakan shock dengan setting kura kura atau Plus menjadi lebih lambat ketika menghadapi kontur jalan tanah bergelombang.

Setting MINUS atau Kelinci

Setting MINUS diartikan shock meminimalkan penahan gerakan shock sehingga dapat naik turun lebih cepat ketika mengalami kompresi dan dekompresi. Begitu shock depan sepeda turun karena mendapat tekanan atau benturan di jalan tidak rata / berbatu. Maka shock akan agresif memantul posisi shock kembali keatas. Setting ini membuat tidak nyaman bagi tangan ketika tangan mengenggam handlebar atau stang sepeda. Tetapi setting MINUS sangat berguna dan aman ketika menghadapi jalan yang sangat tidak rata seperti jalur berbatu atau kondisi kontur jalan yang buruk. Sangat disarankan mengunakan setting MINUS, ketika shock memerlukan dekompresi agresif untuk meredam getaran.

Manfaat tanda kelinci dan kura kura untuk rear shock atau shock belakang

Ada teknik mengatur posisi kura kura dan kelinci pada bagian rear shock. Ketika berkendara santai, dengan medan sedikit tidak rata. Setting ke arah ratio Kura kura dapat diatur lebih besar. Dampak pengaturan suspensi belakang ke arah ratio kura kura, membuat shock terasa lebih empuk karena pergerakan shock akan lambat dan tertahan. Efek kurang baik dari setting kura kura terhadap rear shock, membuat tekanan pada pedal seperti efek per. Karena tekanan shock akan bergerak naik turun lebih lambat, terkadang tekanan pedal seperti ada yang mendorong.

Setting Kelinci, boleh dipakai ketika melewati medan dengan kontur tidak rata dan kecepatan lebih tinggi. Respon bagian shock belakang akan semakin cepat keposisi semula, walau suspensi terasa lebih keras karena membuat gerakan suspensi bergerak cepat dan getaran pada suspensi akan terasa lebih kuat.

Setting Kelinci juga mengurangi dampak tekanan pedal seperti pegas. Setting Kelinci akan terasa lebih nyaman ketika berkendara di jalan rata seperti kondisi onroad.

Dari beberapa referensi ada beberapa tip pemakaian setting rebound plus dan minus.

   Dianjurkan setting plus dan minus hanya mencapai 90%putaran dari titik tengah.

   Tidak secara penuh memutar penahan ke arah kelinci atau kura kura pada suspensi shock depan. Sisakan sedikit sehingga shock tidak terlalu tertahan oleh rebound atau tidak langsung melesat naik tanpa penahan rebound

   Setting paling tepat adalah rajinlah melakukan penyesuaian setting suspensi rebound sepeda ketika menghadapi kontur jalan berbeda. Karena disitulah fungsi shock braker sepeda anda untuk dinikmati.

Source : http://www.goesbike.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s