Tips teknik berbelok dengan sepeda gunung

IMG_3913Marc dari majalah Mountain Biking UK edisi September menceritakan bagaimana teknik berbelok dengan sepeda gunung. Sebelum berbelok, pastikan kecepatan sepeda sudah diperlambat. Hindari mengerem pada posisi sudah berbelok, dan langkah mengurangi kecepatan sepeda harus mulus sampai sepeda diperkirakan siap berbelok.

Mengurangi kecepatan pada lintasan berbelok, tidak efektif memperlambat sepeda. Apalagi harus mengunci ban, dapat membuat ban kehilangan daya cengkram. Marc mengatakan sudah biasa kesalahan pesepeda melakukan pengereman ketika hendak berbelok dan sedang berbelok.

Setelah kecepatan sepeda sudah tepat, biarkan sepeda mengalir dengan kecepatan yang ada. Pasti lebih mudah menangai lintasan di jalan berbelok dan menurun.

Bagaimana posisi badan dan posisi kaki pada pedal ketika berbelok. Berbeda dengan teknik berkendara sepeda roadbike, pengendara sepeda gunung harus mengatur posisi kaki dan mata. Ketika berbelok, mata pengendara harus siap dan terkonsentrasi ke depan dan melihat lintasan yang akan dipilih. Sedangkan posisi kaki dan badan yang perlu diperhatikan pada gravitasi dan kemungkinan terjadinya benturan pada pedal.

Bagian pedal yang berbelok harus lebih tinggi. Bisa diposisi tengah, atau pedal kiri dan kanan sama tinggi. Lebih aman ketika berbelok ke kiri, maka posisi pedal kiri di naikan. Kedua posisi badan harus condong melawan arah, misalnya berbelok ke kiri maka badan ada di posisi agak naik ke arah kanan. Bila diperlukan, pengendara bisa menurunkan kaki untuk menahan keseimbangan sepeda ketika sepeda sedang berbelok, tujuannya agar tidak terjatuh karena posisi sepeda terlalu miring.

Tip berbelok di tikungan dengan sepeda gunung pernah diulas oleh Bikeskills. Hanya keterangan dari Marc lebih menjelaskan dengan posisi kaki dan badan pengendara.

teknik-berbelok-dengan-sepedagunung

Source : http://www.goesbike.com

One thought on “Tips teknik berbelok dengan sepeda gunung

  1. Pingback: toko online handphone terpercaya - jual beli surabayajual beli surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s