Melepas rantai dan memasang rantai sepeda gunung

1397053968663-pn3zrdotrc7v-500-70Menganti rantai sepeda, membuka rantai sepeda sampai memasang dengan rantai sepeda baru tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dengan tool untuk kunci rantai, anda dapat membuka dan memasang rantai sendiri di rumah. Tetapi ada yang perlu di perhatikan dalam memasang rantai sepeda. Tip dibawah ini memberikan gambaran untuk membuka dan memasang rantai sepeda anda kembali.

Membuka rantai lama

Tools kunci rantai, tampilan seperti gambar dibawah ini harganya hanya 60 ribuan saja. Atau anda memiliki kunci rantai yang lebih bagus tentu lebih baik.

1

Persiapan :

  • Siapkan rantai baru, jangan lupa untuk memperhatikan tipe rantai. Karena tipe rantai juga berbeda beda, ada yang diperuntukan untuk 7 speed, 8 speed atau 9 speed. Pastikan rantai baru anda memiliki ukuran yang tepat.
  • Untuk membuka pin lubang rantai, carilah pin lama untuk membuka pin rantai seperti gambar dibawah ini. Memiliki bentuk pin berbeda dari yang lain.

2

  • Pasang kunci rantai seperti gambar dibawah ini. Kencangkan sisi kiri (bentuk baut), lalu bagian kanan dengan tuas dan putar untuk menekan ./ mendorong pin keluar dari ring rantai.
  • Biasanya akan terdengar atau adanya suara seperti klik pertama dan klik kedua. Yang diartikan pin telah melewati bagian ring 1 dan klik ke 2 setelah melewati ring ke 2. Putar terus pin sampai terdorong keluar dari O ring rantai.

3

Seandainya anda masih ingin mengunakan rantai bekas tersebut. Sebaiknya tidak mendorong pin sampai tembus keluar dari ring rantai terakhir. Gunakan teknik pada gambar dibawah ini.

  • Ketika terdengar bunyi 1 click, seperti gambar diatas. Lepas rantai dari kunci rantai, lalu pindahkan ke bagian jalur tengah seperti gambar dibawah ini. Baru anda mendorong kembali pin pada jalur tengah dari kunci rantai secara perlahan. Sampai pin lepas dari O ring rantai tetapi tidak lepas dari ring bagian luar rantai (tepi rantai). Sehingga pin tetap tertinggal di ring rantai terakhir. Sewaktu waktu anda dapat mengunakan rantai bekas anda kembali, dan pin tetap akan menempel pada ring rantai bekas anda.

4

 

 

 

 

 

Source : http://www.goesbike.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s