Hati-Hati, Banyak Lembur Rawan Sakit Jantung

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan para dokter menilai risiko penyakit jantung dilihat berdasarkan faktor usia, kadar kolesterol atau tekanan darah. Namun, menurut studi terbaru ada faktor baru yang bisa menjadi tolak ukur, yakni lamanya waktu bekerja.

Mereka yang bekerja 11 jam setiap hari punya risiko tinggi menderita gangguan jantung dalam waktu 12 tahun. Risiko ini lebih besar dibandingkan dengan mereka yang bekerja 7-8 saja setiap harinya.

Pada awal tahun 1990-an, tim peneliti dari Inggris melakukan penelitian untuk mengetahui risiko penyakit jantung koroner terhadap 7.095 orang dewasa berusia 39-63 tahun, termasuk 2.109 perempuan. Hampir 10 % dari responden, bekerja dalam jam kerja yang panjang.

Kemudian 12,3 tahun setelah pengumpulan data tersebut, diketahui 29 orang meninggal karena penyakit jantung dan 163 menderita serangan jantung nonfatal.

Mereka yang masuk dalam kelompok tukang lembur alias bekerja 10 jam setiap hari ternyata tidak memiliki risiko sakit jantung lebih tinggi dibanding yang jam kerjanya lebih pendek. Akan tetapi orang yang bekerja 11 jam atau lebih beresiko 66 % lebih tinggi mengalami serangan jantung atau meninggal karenanya.

Mika Kivimaki, ketua peneliti dan profesor epidemiologi dari Universitas College London mengatakan belum jelas mengapa jam kerja yang panjang meningkatkan risiko. Tetapi bisa jadi stress kronik yang berkaitan dengan jam kerja yang panjang secara langsung memengaruhi proses metabolisme atau memicu depresi dan gangguan tidur.

source : http://gugling.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s