Gowes 32 Km Tiap Pekan Kurangi Risiko Sakit Jantung


London, Tak perlu diragukan lagi, mengendarai sepeda menuju tempat kerja banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Jika dalam sepekan bisa menempuh jarak 32 km, risiko untuk terkena stroke dan serangan jantung sudah berkurang hingga 50 persen.

Manfaat bersepeda dan olahraga aerobik lainnya bagi jantung sangat besar karena gerakan yang konstan bisa meningkatkan kebugaran sistem peredaran darah. Makin lancar aliran darah, makin ringan kerja jantung untuk memompanya ke seluruh tubuh.

British Medical Association mengatakan, hobi gowes atau mengendarai sepeda bisa meningkatkan kebugaran sistem kardiovaskular hingga rata-rata 3-7 persen. Dengan jarak tempuh sekitar 32 km/pekan, risiko untuk mengalami serangan jantung berkurang hingga 50 persen.

Angka ini diperoleh dari hasil penelitian terhadap 10.000 pegawai negeri di Inggris yang mengendarai sepeda saat berangkat dan pulang dari tempat kerja. Dikutip dari Medicalnewstoday, Jumat (20/5/2011), para partisipan memiliki jantung yang lebih sehat dibanding rekannya yang naik mobil pribadi.

Sementara dibandingkan olahraga aerobik lainnya seperti jogging atau lari pagi, gowes lebih aman bagi lutut dan tulang kaki karena tekanannya lebih kecil. Meski begitu, gowes mampu membakar 300 kalori/jam sehingga dalam setahun rata-rata bisa membakar lemak hingga 4,99 kg.

Manfaat gowes yang lain adalah mampu mengurangi selulit di daerah pangkal paha. Pasalnya selain membakar timbunan lemak di daerah tersebut, gerakan saat gowes juga bisa meningkatkan massa otot sehingga bisa mengencangkan jaringan kulit yang menggelambir.

Meski begitu, gowes sepeda setiap hari seringkali tidak mudah dilakukan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Selain lalu lintasnya terlalu padat sehingga tidak menyisakan ruang bagi pengendara sepeda, polusi yang cukup tinggi juga bisa memicu risiko lain misalnya kanker.

Dengan alasan tersebut, kebanyakan pegowes hanya bisa leluasa melakukan hobinya pada akhir pekan ketika lalu lintas tidak terlalu padat. Sedangkan jika harus menggowes sepeda pada hari kerja, wajahnya harus ditutup masker agar tidak terlalu banyak menghirup polusi.

(up/ir)

source : http://health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s