Tips Mencuci Sepeda MTB

Pengalaman pribadi nich .. beberapa hari gowes menuju pabrik kehujanan dan si nuke selalu melibas medan berlumpur saat xc, jadi punya banyak pengalaman saat mencuci sepeda. Sebelum saya bagikan tips mencuci sepeda mtb, sebelumnya saya sampaikan alasan mengapa sepeda mtb perlu dicuci?

1. Kotor dan kurang enak dilihat.
2. Sepeda mudah berkarat, terutama dibagian-bagian yang tidak terbuat dari alloy atau stainless steel. khususnya rantai yang gampang berkarat dan akan mengurangi kenyamanan dan fungsi rantai.

Nah .. berikut ini tip mencuci sepeda mtb :

1. Semprot dulu sepeda dengan air, biarkan kotoran lepas secara alami, jika kotoran susah lepas, gosok menggunakan kain lap katun yang lembut. Ingat gosoknya pelan pelan saja.
2. Setelah kotoran hilang gunakan sampo untuk cuci mobil/motor, jangan gunakan diterjen karena akan membuat cat sepeda kusam.
3. Perhatikan bagian-bagian drivetrain :
* Rantai sepeda gosok satu persatu dengan sikat gigi (baru juga boleh), saya menggunakan sabun pencuci piring istri buat cuci rantai.
* Sprocket juga gosok dengan sikat gigi, perhatikan masing-masing gigi, jangan sampai ada kotoran/lumpur yang tertinggal.
* FD dan RD juga harus diperhatikan, bersihkan per-per yang ada.
4. Rem depan belakang, perhatikan brake pad, lumpur biasanya senang bersembunyi disini. semprot dengan air dan sikat dengan sabun/sampo
5. Semprot air dan bersihkan seluruh busa sabun/sampo yang menempel
6. Keringkan sepeda dengan kain kering/kanebo. Pangkat ban depan sepeda supaya air yang masuk ke sela-sela lobang frame bisa keluar.
7. Pastikan rantai benar-benar kering, kalau tidak benar-benar kering rantai pasti berkarat (kecuali pakai rantai stainless steel). oleskan oli atau semprot dengan pelumas rantai.

Setelah selesai mencuci lapisi frame, stem, handle bar dan rims dengan silicon atau pengkilap cat.

Beres … sepeda bersih dan esok hari nyaman buat digowes lagi.

source : http://www.in-tips.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s