LIPI Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah menerima sampel ulat bulu dari Jember dan Yogyakarta. Ada tiga spesies yang diterima oleh LIPI yaitu lymantria marginalis, arctonis species (belum tahu genusnya), dan cyana veronata.

”Spesies ulat bulu sementara ada tiga jenis yang kami terima,” tutur Peneliti Serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah saat dihubungi Republika, Rabu (14/4). Salah satu species yang diterima belum diketahui genusnya karena harus melalui serangkaian pembedahan.

Rosichon mengatakan bahwa ulet bulu dalam spesies lymantridae sudah ada di Indonesia.”Namun dahulu tidak begitu meledak,” tutur dia. Dan spesies lymantride ini memang senang makan kelompok mangga. Sehingga tidak heran jika ulat bulu ini menyerang Probolinggo yang banyak menanam pohon mangga.Ketersediaan hostplan (sumber pangan) juga sangat menentukan keadaan populasi.

Selain itu populasi ulat bulu ini sangat dikendalikan oleh biotik dan abiotik.”Faktor biotik ini yang menentukan naik turunnya populasi,” jelas Rosichon. Di antaranya mencakup parasitoid dan predator.

Parasitoit adalah serangga yang sebelum tahap dewasa berkembang pada atau di dalam tubuh inang (biasanya serangga juga). Sedangkan predator mencakup mamalia seperti burung dan juga serangga lainnya.

One thought on “LIPI Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s